Perpanjangan SIM Onlline

By ,

Pada kesempatan kali ini saya mau sharing tentang cara melakukan perpanjangan SIM Online, perpanjangan SIM Onlline bukan berarti kita tidak perlu datang ke SATPAS ya. Perpanjang SIM Online disini diartikan kita dapat melakukan perpanjangan SIM walaupun tidak di lokasi dimana kita membuat / lokasi asal KTP. Jadi kita tetap harus datang ke SATPAS untuk melakukan prosedur seperti perpanjangan SIM pada umumnya, berikut langkah langkah nya :

1. Datangi SATPAS Terdekat dari lokasi

Tidak semua lokasi bisa menerima perpanjangan SIM Online, jadi pastikan terlebih dahulu tempat yang akan di kunjungi ya. Kalau saya kemarin melakukan perpanjangan SIM Online di SATPAS Kebon Nanas, Jakarta Timur. Untuk lokasi lain teman teman bisa tanyakan dulu terlebih dulu kepada google ya haha.

2. Cek Kesehatan

Tes kesehatan disini Cuma formalitas (gatau kalau di tempat lain ya) dan disini teman teman akan di kenai biaya sebesar 25rb. Pastikan teman teman datang pagi untuk mendapat nomor antrian awal. FYI saya sampai SATPAS JAKTIM pukul 07.00 dan mendapat nomor antrian 06.

3. Bayar biaya perpanjangan SIM di Loket BRI

Setelah cek kesehatan di lanjut dengan melakukan pembayaran biaya perpanjangan SIM di loket BRI. Untuk SIM A dikenakan biaya 80rb sedangkan SIM C di kenakan biaya sebesar 75rb.

4. Bayar Asuransi Pengemudi (Opsional)

Asuransi ini bersifat opsional dan tidak wajib bagi teman teman yang mau ikut silahkan tidak juga tidak apa.

5. Daftar perpanjangan SIM

Setelah melakukan pembayaran di loket BRI bawa bukti bayar dan surat keterangan sehat ke loket pendaftaran dan jangan lupa lampirkan 1 foto kopi KTP dan SIM lama ya. Setelah melakukan pendaftaran isi formulir terlebih dahulu selanjutnya setelah di isi kembalikan lagi formulir yang sudah di isi ke loket pendaftaran untuk mendapat nomor antrian foto SIM.

6. Menunggu antrian untuk foto sim

Setelah mendapat nomor antrian untuk foto SIM maka tunggulah sejenak di depan tempat foto SIM. Proses ini tidak lama karena hanya foto , sidik jari, tanda tangan dan verifikasi nama serta alamat.

7. Menunggu SIM di cetak

Setelah melakukan foto SIM tunggu sejenak untuk mendapat fisik SIM yang sedang di cetak.

8. Bayar parker dan pulang

Setelah semua beres mari pulang , jangan lupa bayar parkir dulu ya.

Keseluruhan proses hanya memakan waktu 15-20 menit kok jadi hindari calo ya 🙂

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.