Sharing proses rekrutmen PT Astra Otoparts

By , ,

Tulisan ini merupakan sharing proses rekrutmen PT Astra Otoparts yang waktu itu saya ikuti. Jadi waktu saya ikut daftar salah satu lowongan dari Astra Otoparts dan karena referensi di internet mengenai rekrutmen di sini kurang jadi saya mau sedikit berbagi pengalaman yang ane punya selama proses rekrutmen kemarin.

Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi atau tahap setelah pendaftaran adalah tahapan pertama dan sudah di ketahui oleh teman teman sekalian yang sudah terbiasa mendaftar pekerjaan. Jadi waktu itu sekitar awal mei ane tau bahwasanya Astra Group membuka lowongan melalui karir portal milik astra yaitu Astra Job Virtue, dimana kita bisa apply banyak lamaran sekaligus (eh maksimal 3) pada perusahaan yang masuk dalam Astra Group. Perusahaan yang masuk kedalam Astra Group ada banyak cari aja di google kalau mau tau haha.

Back to topic, jadi selang dua minggu ane daftar melalui Astra Jobs Virtue muncul pengumuman bahwasanya ane lolos seleksi administrasi dan berhak melanjutkan ke tahap selanjutnya. Waktu itu ane daftar dua lowongan untuk diploma 3 dan kebetulan ane lolos administrasi pada lowongan yang ada di Astra Otoparts nih. Oiya pengumumanya melalui e-mail ya gaes, jadi sering sering cek email aja hehe.

Wawancara User

Tahapan kedua adalah wawancara user. Loh kok user dulu gan, pasti dalam benak kalian nanya gitu kan haha. Awalnya saya sendiri juga kaget dan ane kira bakalan ga ada tahap psikotest wkwk. Tapi ternyata dalam kondisi tertentu dan kebijakan tertentu dan tentunya setiap perusahaan tidak semuanya sama ya gaes, wawancara user bisa diawal baru setelahnya psikotes. Jadi hari itu hari jumat dan ane wawancara sama head deptĀ  dan supervisor dari posisi yang ane lamar, wawancara sesi ini kalian semua tentu lebih hafal kan ya. Wawancara user lebih banyak ngobrolin tentang latar belakang kita lebih tepatnya latar belakang disiplin ilmu dan teknis tentang hal yang akan kita hadapi jika nantinya kita di terima menjadi karyawan disini.

Pastikan teman teman sekalian tenang ,jangan tegang ,jawab setiap pertanyaan yang diberikan dengan lugas serta jelas. Kebetulan head dept dan supervisor yang me wawancarai saya kemarin orangnya supel jadi ane juga bisa lebih rileks dan ga terlalu tegang gan hehe. Perlu agan tau saya juga freshgraduate waktu itu.

Untuk part 2 dapat di baca disini, klik disini.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.